Mari Bahas Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

Ilustrasi pria menggunakan laptop (Pixabay.com/lukasbieri)

Blogger adalah platform penerbitan blog yang dimiliki oleh Google. Blogger banyak digunakan karena tersedia secara gratis dan penggunaannya yang cukup mudah.

Cara membuat blog menggunakan Blogger terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki akun Google untuk login dalam situs web Blogger.  Setelah itu, pilih nama dan URL untuk Blog Anda. Jika Anda menggunakan Blogger untuk pertama kali, Anda perlu membuat display name yang akan ditampilkan pada blog. Apabila URL yang Anda pilih tersedia maka Anda dapat menyiapkan blog Anda dan mulai membuat postingan untuk blog Anda.

Anda dapat menekan tombol postingan baru untuk membuat postingan. Anda dapat mengatur font, paragraf, dan gaya dalam postingan blog. Anda juga dapat menyisipkan link, gambar, video, dan karakter khusus pada postingan blog.  Ada baiknya untuk memeriksa setelan postingan seperti label, tanggal dan waktu, permalink, lokasi, deskripsi penelusuran, opsi, dan tag robot kustom sebelum mempublikasikan postingan. Anda dapat menggunakan pratinjau untuk meninjau postingan sebelum dipublikasikan.

Terdapat beberapa menu utama dalam Blogger seperti postingan, statistik, komentar, penghasilan, halaman, tata letak, tema, setelan, dan daftar bacaan. Menu postingan berkaitan dengan membuat postingan blog. Menu statistik berfungsi untuk memberikan informasi tentang jumlah pengunjung dan sebagainya. Menu komentar berfungsi untuk mengelola komentar blog. Menu penghasilan berkaitan tentang memonetasi blog dengan Adsense. Menu halaman berhubungan dengan membuat halaman blog seperti tentang kami dan sebagainya.

Menu tata letak berfungsi untuk menambahkan gadget dan mengatur tata letak blog.  Menu tema digunakan untuk memilih dan mengatur tema blog. Anda dapat menggunakan tema blog dari luar Blogger dengan menyunting HTML. Sementara itu, menu setelan mencakup berbagai setelan dalam blog seperti setelan dasar, postingan, komentar, dan sebagainya.

Begitulah cara membuat blog menggunakan Blogger secara singkat. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membuat blog, seperti berbagi informasi, mengasah kemampuan menulis, mendatangkan penghasilan, dan sebagainya. Selain itu, terdapat beberapa platform blog lainnya selain Blogger, seperti WordPress, Tumblr, dan sebagainya.

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال