Pentingnya Pendidikan Pancasila dalam Kehidupan Generasi Muda

Lambang Pancasila
Lambang Pancasila (umsu.ac.id)


Bangsa yang kuat adalah bangsa yang memiliki fondasi dan pedoman yang kokoh dan jelas. Fondasi dan pedoman suatu bangsa disebut sebagai dasar negara. Dasar negara merupakan suatu nilai-nilai yang mengatur tatanan kehidupan berbangsa serta mengatur tatanan pemerintahan suatu bangsa. Pentingnya pancasila sebagai dasar kehidupan bersama bangsa indonesia dapat tercermin dari maksud dan tujuan kelima prinsip dalam pancasila.

Ketuhanan yang maha esa, menjadi prinsip pertama dari dasar negara bangsa ini. Pejuang bangsa ini sadar bahwa perjuangan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan pastinya ada campur tangan dari sang pencipta. Kemanusiaan yang adil dan beradab, menjadi prinsip kedua dari dasar negara bangsa ini. Salah satu maksud dari prinsip ini adalah setiap insan bangsa ini memiliki derajat, hak, dan kewajiban yang sama. Persatuan Indonesia, menjadi prinsip ketiga dari dasar negara bangsa ini. Melalui prinsip ini setiap insan bangsa ini mendapatkan persamaan kedudukan dan persamaan kesejahteraan yang diatur dibawah naungan negara guna untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, menjadi prinsip keempat dari dasar negara bangsa ini. Prinsip ini menjelaskan rasa kecintaan terhadap rakyat, memperjuangkan cita-cita rakyat dan memiliki jiwa kerakyatan serta pentingnya bekerjasama dalam mengambil keputusan, menghargai setiap keputusan, dan mengedepankan kepentingan bersama. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, menjadi prinsip terakhir dari dasar negara bangsa ini. Prinsip ini mengajarkan hal-hal penting yaitu, bangsa Indonesia tidak mengenal adanya golongan mayoritas ataupun minoritas sehingga status setiap individu di bangsa ini hakikatnya adalah sama.

Pendidikan Pancasila dan urgensinya bagi mahasiswa atau generasi muda

Mata kuliah Pendidikan Pancasila adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar mahasiswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki pengetahuan, kepribadian, dan keahlian, sesuai dengan program studinya masing-masing. Urgensi pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, yaitu agar mahasiswa tidak tercerabut dari akar budayanya sendiri dan memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, urgensi pendidikan Pancasila, yaitu dapat memperkokoh jiwa kebangsaan mahasiswa sehingga menjadi dorongan pokok (leitmotive) dan bintang penunjuk jalan (leitstar) (Abdulgani, 1979: 14). Urgensi pendidikan Pancasila bagi mahasiswa sebagai calon pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa untuk berbagai bidang dan tingkatan, yaitu agar tidak terpengaruh oleh paham-paham asing yang negatif. Dengan demikian, urgensi pendidikan Pancasila di perguruan tinggi dengan meminjam istilah Branson (1998), yaitu sebagai pembentuk civic disposition yang dapat menjadi landasan untuk pengembangan civic knowledge dan civic skills mahasiswa.

Alasan mendasar diperlukannya pendidikan Pancasila di perguruan tinggi

Pendidikan Pancasila sangat diperlukan untuk membentuk karakter manusia yang profesional dan bermoral. Pendidikan Pancasila diselenggarakan agar masyarakat tidak tercerabut dari akar budaya yang menjadi identitas suatu bangsa sekaligus menjadi pembeda antara satu bangsa dan bangsa lainnya. Selain itu, dekadensi moral yang melanda bangsa Indonesia ditandai dengan mengendurnya ketaatan masyarakat terhadap norma-norma sosial yang ada, menunjukkan pentingnya penanaman nilai-nilai ideologi melalui pendidikan Pancasila.

Referensi: https://binus.ac.id/character-building/2020/03/pancasila-sebagai-fondasi-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara/ https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/4812/mod_resource/content/1/Pengantar%20Pendidikan%20Pancasila.pdf

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

2 Comments

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال