Ulasan Why? Crime Science (Sains Investigasi), Detektif di Dunia Komik!

Ilustrasi buku
Ilustrasi buku (Pixabay.com/LubosHouska)

Why? Crime Science (Sains Investigasi) yang memiliki judul asli Why? Gwahaksoosa ditulis oleh Cho Youngseon. Buku ini dialihbahasakan oleh Endah Nawang Novianti dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada 23 Mei 2014. Buku ini memiliki jumlah halaman sebanyak 160 halaman.

Perkembangan investigasi ilmiah sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Zaman sekarang, DNA seseorang bisa diketahui hanya dengan cara menganalisis sehelai rambut. Secara sederhana, investigasi bisa didefinisikan sebagai upaya pembuktian, upaya pencarian dan pengumpulan data, informasi dan temuan lainnya untuk mengetahui kebenaran atau bahkan kesalahan dari sebuah fakta.

Baca juga: Ulasan Howtoons: Percobaan yang Asyik, Keren, Kreatif! Bikin Kreatif!

Investigasi terbagi atas dua tahap yaitu tahap awal dan tahap kedua. Adanya petunjuk awal sudah termasuk ke tahapan investigasi. Investigatif bukan hanya mengumpulkan ribuan data atau temuan di lapangan, tetapi juga kembali menyusun berbagai informasi yang berakhir dengan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian tersebut. Setiap kegiatan investigasi harus memiliki tujuan. Melalui buku Why? Crime Science - Sains Investigasi kita dibawa untuk mengetahui dunia investigasi lebih dalam. Jadi, bagi kamu yang berminat menjadi seorang investigator mulailah membaca dan mempelajari buku ini.

Pernahkah kalian menonton aksi para investigator ilmiah dalam serial drama kriminal di TV? Dalam aksinya, para investigator mampu menemukan bukti-bukti kejahatan melalui helai rambut, sidik jari, bahkan noda darah, hingga mereka berhasil menangkap penjahatnya dengan mengagumkan. Mereka adalah orang-orang yang bertugas menyelidiki suatu kasus yang sulit dan meneliti hasil penyelidikan mereka untuk memecahkan kasus.

Baca juga: Kemunculan Kamen Rider Misterius dalam Film Kamen Rider Geats!

Investigasi ilmiah semakin berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Nah, sudah siapkah kalian memasuki dunia investigasi ilmiah yang menakjubkan? Sekarang giliran kalian menjadi investigator ilmiah yang akan mengungkap identitas sang penjahat!

Buku ini berkisah tentang Komji yang berhasil memecahkan teka-teki alamat pembuat buku komik “Detektif K”. Bersama Omji, mereka pergi menemui Komikus L. Di sana mereka ditawarkan menjadi karakter utama dalam serial komik “Detektif K” berikutnya. Setelah mereka bersedia, mereka dibawa ke dunia komik. Di sana mereka bertemu dengan Kei, investigator jenius yang mempelajari ilmu kedokteran dan ilmu hukum di usia 12 tahun.

Baca juga: Apa itu Konsep Honne dan Tatemae dalam Kehidupan Jepang

Ia mengajak Omji dan Komji bekerja sama untuk menangkap penjahat bernama Z. Di sana mereka diajak berpetualang mengungkap kasus-kasus sambil mencari bukti-bukti keberadaan Z. Di akhir cerita, seorang pemuda yang pernah melihat Z, menggambarkan rupa Z yang ternyata mirip dengan Komikus L. Tiba-tiba, komputer mereka dihack dan muncullah Z yang memberitahukan rencana utamanya yaitu meledakkan bom yang dapat membuat Komji dan Omji terperangkap selamanya di dunia komik. 

Malamnya, sebelum Z menjalankan rencananya, dengan bantuan Komji, ia berhasil ditangkap. Komikus L pun datang dan menuliskan tamat di akhir cerita membuat Komji dan Omji keluar dari dunia komik. Buku mereka pun telah selesai dengan judul “Detektif K: Tangkaplah “Z” Si Penjahat Jenius!”.

Gramedia Bandung - Why? Crime Science - Sains Investigasi
Gramedia Bandung - Why? Crime Science - Sains Investigasi
Investigasi ilmiah semakin berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beli

Buku ini sangat bagus karena padat akan limu serta cara penyampaiannya yang menarik. Pada dasarnya buku ini hampir tidak punya kelemahan karena isi cerita yang menarik namun buku ini tidak mengupas isinya secara detail. Lepas dari kekurangan tadi, buku ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai cerita detektif dan ingin menambah ilmu seputar investigasi ilmiah.

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال