Urgensi dan Manfaat dari Membuang Sampah pada Tempatnya

Tempat sampah
Ilustrasi tempat sampah (Pixabay.com/Vladvictoria)


Sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia yang hidup di bumi ini untuk menjaga lingkungan sekitar. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sampah merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Setiap harinya, kita menghasilkan banyak sampah yang berasal dari berbagai aktivitas kita seperti makan, bekerja, atau berbelanja. Namun, sayangnya masih banyak di antara kita yang tidak peduli dengan cara membuang sampah yang benar.

Baca juga: Ulasan Why? Crime Science (Sains Investigasi), Detektif di Dunia Komik!

Kita sering melihat sampah yang berserakan di lingkungan sekitar. Hal itu dapat diatasi dengan membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah pada tempatnya dapat menjadi suatu budaya apabila dibiasakan dan perlu ditingkatkan.

Budaya membuang sampah pada tempatnya sangat penting karena budaya ini merupakan tanggung jawab kita semua. Budaya ini harus dibudayakan sejak dini, mulai dari membuang sampah sehabis digunakan pada tempatnya hingga membuang sampah yang kita jumpai pada tempatnya.

Baca juga: Presentasi Ultraman Blazar Diadakan! Waktunya Pasukan SKaRD Beraksi!

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari budaya membuang sampah pada tempatnya, antara lain lingkungan kita menjadi lebih bersih, indah, dan sedap dipandang, terbebas dari berbagai penyakit yang diakibatkan dari membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Meskipun terlihat mudah, pada kenyataannya penerapan budaya ini tidaklah mudah. Ditinjau dari faktor eksternal, kurangnya tempat sampah merupakan salah satu penyebab utama kita tidak membuang sampah pada tempatnya. Jika ditinjau dari faktor internal, masih rendahnya kesadaran kita untuk membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Apa itu Fenomena Joshiryoku Danshi dan Alasan Kepopulerannya

Banyak usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Bisa dengan mengadakan seminar, menasehati teman kita yang masih membuang sampah sembarangan, atau lebih baik lagi jika kita dapat menjadi contoh bagi yang lain dengan membuang sampah pada tempatnya.

Budaya membuang sampah pada tempatnya harus dibiasakan kapanpun dan di manapun agar lingkungan kita menjadi lebih bersih, indah, dan sedap dipandang, serta terbebas dari berbagai penyakit. Oleh karena itu, marilah kita biasakan untuk buang sampah pada tempatnya.

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال