Hal-Hal yang Menjadikan Seorang Pemimpin Dapat Dipercaya

Ilustrasi kepemimpinan
Ilustrasi kepemimpinan (Pixabay.com/Tumitsu)


Setiap pemimpin yang terpilih tentu mendapatkan kepercayaan, namun dalam menjalankan tugasnya tidak semua pemimpin memiliki sifat dapat dipercaya karena sifat dapat dipercaya belum tentu dimiliki setiap orang. Pada dasarnya, setiap individu adalah pemimpin terutama pemimpin untuk dirinya sendiri dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya kelak. Dalam lingkup organisasi, pemimpin adalah orang yang memimpin sebuah organisasi, dialah orang yang bertanggungjawab terhadap anggota-anggotanya. Sebagai anggota, tentunya menginginkan pemimpin yang tidak hanya memiliki wibawa, tetapi juga dapat dipercaya.

Pemimpin yang dapat dipercaya adalah pemimpin yang jika suatu tugas diserahkan padanya, orang lain akan percaya bahwa tugas itu akan dilaksanakan sebaik mungkin. Ketika orang lain sudah tidak percaya kepada kepemimpinan seseorang, maka nama baik pemimpin itu akan rusak, reputasinya dalam lingkungan masyarakat pun akan menurun. Maka dari itu, menjadi pemimpin yang dapat dipercaya tidaklah mudah.

Baca juga: Mari Lebih Mengenal Kardus, Mulai dari Karakteristik hingga Hasil Produk

Menurut saya, ada beberpa hal yang menjadikan seorang pemimpin dapat dipercaya. Salah satunya adalah kejujuran. Seseorang yang memiliki sifat jujur tentu perkataan dan perbuatannya dapat dipercaya oleh orang lain. Pemimpin yang jujur akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain karena ia tidak akan berkhianat kepada orang yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya. Selain itu, pemimpin yang dapat dipercaya akan menepati janji-janjinya, pemimpin yang ingkar janji tidak akan mendapat kepercayaan dari orang lain karena ia hanya mengobral janji yang belum tentu ia dapat melaksanakannya. 

Rendah hati juga merupakan hal yang menjadikan seorang pemimpin dapat dipercaya karena pemimpin yang dapat dipercaya tidak akan memiliki sifat sombong maupun angkuh, seperti halnya padi yang kian berisi kian merunduk. Dalam menjalankan tugasnya, pemimpin yang dapat dipercaya harus memiliki tekad yang kuat. Pemimpin yang tidak giat dan bersungguh-sungguh akan dipertanyakan kepemimpinannya karena menjadi pemimpin itu adalah hal yang serius bukan main-main.

Baca juga: Pasukan Avataro Sentai Donburis Muncul! Siapakah Mereka!?

Suatu organisasi yang dipimpin oleh pemimpin yang dapat dipercaya tentu berjalan dengan baik karena seluruh program kerja terlaksana dengan baik. Begitu pula sebaiknya, suatu organisasi yang dipimpin oleh pemimpin yang tidak dapat dipercaya tidak akan berjalan dengan baik karena banyaknya kendala dan konflik internal yang tidak dapat terselesaikan.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menjadi pemimpin yang dapat dipercaya sejak dini, salah satunya adalah siapnya seorang pemimpin untuk memimpin organisasi yang lebih besar, perusahaan, bahkan sebuah negara. Tidak hanya perusahaan besar, bahkan negara saat ini memerlukan pemimpin yang dapat dipercaya karena diharapkan bisa memajukan wadah yang ia pimpin serta meningkatkan reputasi wadah yang ia pimpin di mata dunia.

Baca juga: Mengapa Orang Jepang Mengabaikan Pesan sebagai Telah Dibaca

Menjadi pemimpin yang dapat dipercaya tentu memiliki rintangan tersendiri. Adanya rasa malas merupakan faktor internal yang menjadi kendala seseorang untuk menjadi pemimpin yang dapat dipercaya. Sedangkan untuk faktor eksternal biasanya disebabkan oleh segelintir orang yang suka mencari kesalahan seseorang yang berusaha menjadi pemimpin yang dapat dipercaya. Pemimpin yang baik dalam menanggapi hal itu tentu akan berusaha untuk instropeksi diri agar dapat menjadi pemimpin yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Pemimpin yang dapat dipercaya merupakan harapan kita semua untuk memajukan suatu bangsa dan negara. Oleh karena itu, mulailah itu semua dari diri sendiri. Mulailah berusaha menjadikan diri sebagai pemimpin yang dapat dipercaya untuk diri sendiri agar kelak siap menjadi pemimpin yang dapat dipercaya untuk orang lain.

Tegar Rifqiaulian

Konnichiwa, Tegar desu. Saya suka menulis artikel berkaitan dengan Jepang.

Previous Post Next Post

نموذج الاتصال